Sabtu, 09 Agustus 2014

KI dan KD Pendidikan Agama Kristen

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI- KD) Pendidikan Agama Kristen : terdapat dalam Lampiran Permendiknas. 22 Tahun 2006, Hal  24 s/d 30




KELAS: I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Allah Tritunggal
1.1       Menerima dan mensyukuri dirinya sebagai pemberian Allah, dan menyebutkan kegunaan anggota-anggota tubuhnya dengan berbagai cara.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
Nilai-nilai Kristiani
2.1       Menerima dan merespons kasih Allah dengan cara mengasihi teman, keluarganya, bersikap baik dan hormat pada keluarga.
2.2       Menerima dan mensyukuri hidup bersama dengan orang lain dengan cara menghargai dan mengasihi teman dan orang lain yang ada di sekitarnya.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Menerima dan mensyukuri alam ciptaan Allah melalui doa, permainan, nyanyian dan tindakan sederhana.
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1   Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap dirinya sebagai ciptaan Allah, dengan cara merawat tubuhnya
4.2   Melakukan tindakan sederhana dalam memelihara ciptaan Allah
4.3   Menunjukkan rasa syukur dalam bentuk pujian yang berhubungan dengan alam ciptaan Allah


KELAS: II
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.            Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Allah Tritunggal
1.1       Menghayati dan mensyukuri pemeliharaan Allah pada dirinya dan anggota keluarganya melalui doa, puisi, membuat gambar atau karya sederhana.
2.            Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
Nilai-nilai Kristiani
2.1       Menyebutkan tanggung jawab dalam keluarga melalui tindakan sederhana: melaksanakan tugas di rumah dan membantu sesuai usia dan kemampuannya
3.            Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Menyebutkan cara menjaga kerukunan di lingkungan sekitar tempat tinggal dengan memberi salam pada orang yang lebih tua, bermain dengan teman di sekitar rumah dalam suasana damai dan harmonis.
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
4.1       Menerapkan tanggung jawab dalam keluarga melalui tindakan sederhana: melaksanakan tugas di rumah dan membantu sesuai usia dan kemampuannya.
4.2       Menerima dan menerapkan hidup rukun di sekolah dengan cara menjaga ketenangan dan disiplin di kelas.


KELAS: III
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Allah Tritunggal
1.1       Menerima dan memahami kehadiran Allah dalam peristiwa-peristiwa alam.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
Nilai – nilai Kristiani
2.1       Menghayati dan mensyukuri kepelbagaian budaya, suku, agama dan bangsa sebagai pemberian Allah.
2.2       Menghargai dan mengasihi sesama manusia dalam berbagai perbedaan serta menolong orang lain yang sedang menderita atau membutuhkan pertolongan.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami kehadiran Allah melalui keberagaman flora, fauna dan iklim di sekitarnya, dengan cara mencari dan menemukan dari berbagai sumber.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Memelihara alam ciptaan Allah di sekitarnya dengan menyiram tanaman, membuat karangan sederhana atau puisi tentang memelihara alam.


KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Allah Tritunggal
1.1       Memahami kemaha-kuasaan Allah dalam berbagai peristiwa kehidupan: ulang tahun, gagal, dan sukses
1.2       Memahami dan mengakui keterbatasan dirinya sebagai manusia.
Nilai-nilai Kristiani
1.3       Menghayati dan mensyukuri kebergantungannya pada kemahakuasaan Allah.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1   Memiliki kepedulian terhadap Kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam dilingkungan sekitarnya
2.2   Memiliki kepedulian dalam berbagai peristiwa rantai kehidupan manusia dan sekitarnya
2.3   Memiliki perilaku yang menunjukkan kesadaran atas keterbatasannya sebagai manusia dalam kaitannya dengan Kemahakuasaan Allah
2.4  Menunjukkan sikap bergantung pada Kemahakuasaan Allah
2.5  Bersikap disiplin dan bertanggung jawab dalam mewujudkan cara hidup sebagai orang yang bergantung kepada Allah

3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1.  Menghayati dan mensyukuri kebergantungannya pada  kemahakuasaan Allah.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menghayati dan menerapkan komitmen sebagai orang yang percaya kepada kemaha-kuasaan Allah


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.            Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Allah Tritunggal
1.1       Menjelaskan bahwa manusia berdosa telah diselamatkan oleh Yesus Kristus.
1.2       Menjelaskan peran Roh Kudus dalam proses pertobatan dengan belajar dari tokoh Alkitab.
2.            Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Menerapkan hidup sebagai orang yang sudah diselamatkan dengan cara menjadi teladan bagi orang lain.
3.            Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
Nilai-nilai Kristiani
3.1       Menyebutkan ciri-ciri orang yang sudah bertobat: hidup jujur dan benar di hadapan Allah dan sesama.
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Nilai-nilai Kristiani
4.1       Membuat refleksi tentang pertobatan manusia melalui puisi atau doa.


KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Allah Tritunggal
1.1       Menjelaskan dan menghayati hakekat ibadah dengan cara membiasakan diri mengikuti ibadah di Sekolah Minggu, setia berdoa dan membaca Alkitab.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
Nilai-nilai Kristiani
2.1       Mengamalkan sikap melayani sesama sebagai ungkapan ibadah kepada Allah.

3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1  Memiliki kepedulian terhadap Kemahakuasaan Allah dalam berbagai peristiwa alam sekitar ciptaan Allah
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengevaluasi perwujudan ibadah sejati dalam sikap hidup sehari-hari melalui refleksi dan penilaian diri








 



2 komentar:

  1. As claimed by Stanford Medical, It is really the one and ONLY reason women in this country live 10 years more and weigh 19 KG less than us.

    (Just so you know, it is not related to genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING to do with "HOW" they eat.)

    BTW, What I said is "HOW", and not "WHAT"...

    CLICK this link to see if this quick quiz can help you discover your true weight loss potential

    BalasHapus
  2. Terima kasih
    Sangat membantu saya dalam melaksanakan pembelajaran tematik

    BalasHapus