SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
Kelas/Semester : 2 ( Dua ) / 1 dan 2
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya
2. Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati ( mendengar, melihat, membaca
) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpai dirumah dan disekolah
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpai dirumah dan disekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
Allah Tritunggal
1.1. Menghayati dan mensyukuri pemeliharaan Allah pada dirinya dan anggota keluarganya melalui doa, puisi, membuat gambar atau karya sederhana
|
1. Menyebutkan
orang tua wakil Allah di dunia.
2 .Mensyukuri
kehadiran orang tua dan keluarga
3 .Memahami orang
yang lebih tua sebagai wakil Allah . |
Bab. 1.
Aku dan orangtuaku
|
Eksplorasi materi : Aku dan orangtuaku ( Kejadian 27:30 )
A. Orangtua adalah wakil Allah dibumi
Elaborasi : mewarnai; menyanyi” Bila Yesus
berada ditengah keluarga (Kj. 451); tanya jawab;
menginfentaris tugas-tugas orangtua sebagai wakil
Allah dibumi
B. Mensyukuri kehadiran orangtua
Elaborasi : membingkai foto keluarga; membuat
doa untuk ayah dan ibu; menemukan perbedaan
dalam dua gambar yang dibuat mirip
C. Orang yang lebih tua sebagai wakil Allah
Elaborasi : disajikan berbagai foto atau gambar
orang, siswa menunjuk orang yang lebih tua dari
mereka; mengisi teka-teki; mewarnai gambar;
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Kejadian 27:30
Modul PAK : Klas. 2
|
1.Menunjukkan cara menghormati orang tua dan orang yang lebih tua.
2.Mempraktekkan cara menghormati orang yang lebih tua.
|
Bab. 2
Menghormati orangtua dan orang yang lebih tua
|
Eksplorasi Materi : Menghormati orangtua dan orang yang lebih tua ( Kejadian 27:30 )
A. Menghormati orangtua
Elaborasi : tebak ayat dengan menyusun simbol,;
melengkapi kalimat dengan isian yang tepat; tulis 5
nasehat dari orang tua yang sering disampaikan;
tulis 5 sikap menghormati orangtua; tulis doa agar
orangtua sehat dan panjang umur
B. Menghormati orang yang lebih tua
Elaborasi : memasang gambar yang cocok dengan
kalimat yang tersedia; menyatakan persetujuan
atas pernyataan yang dibuat guru
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Kejadian 27:30
Modul PAK : Klas. 2
| ||
1.Menjelaskan cara menghormati orang tua berdasarkan alkitab.
2.Menunjukkan sikap hormat kepada orang yang lebih tua .
|
Bab. 3.
Mentaati hukum kelima
|
Eksplorasi Materi : Mentaati hukum kelima ( Keluaran 20:12 )
* Menghormati orangtua dan orang yang lebih tua
berdasarkan Alkitab
Elaborasi : memberikan penilaian sikap hormat
terhadap pernyataa yang diberikan guru;
mengartikan kata dari simbol-simbol yang dibuat
guru; memberikan persetujuan atau tidak terhadap
pernyataan guru
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Keluaran 20:12
Modul PAK : Klas. 2
| ||
1.Mempraktekkan wujud sikap hormat kepada orang tua.
2.Menceritakan cara menghormati orang tua saat berkunjung kerumahnya
|
Bab. 4.
Wujud sikap hormatku
|
Eksplorasi Materi : Wujud sikap hormatku ( Kolose 3:20 )
A. Wujud sikap hormat kepada orangtua
Elaborasi : memberikan persetujuan atau tidak
terhadap pernyataan guru; mewarnai gambar.
B. Wujud sikap hormat kepada orang yang lebih tua
Elaborasi : Menceriterakan pengalaman
ketikabertemu tetangga yang lebih tua dari
mereka; menuliskan hal yang anak akan kerjakan
apabila bapak/ ibu guru akan berkunjung kerumah
mereka
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Kolose 3:20
Modul PAK : Klas. 2
| ||
1Melakukan ungkapan hormat kepada orang tua lewat puisi,kartu ucapan,gambar dll.
|
Bab. 5.
Mempraktekan sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua
|
Eksplorasi : Menyanyi KJ no. 467, “ Tuhan bila hati kawanku “
Elaborasi : membuat puisi”hormat kepada orangtua “; menuliskan secra singkat hal-hal yang disukai dan tidak dari orangtua mereka; mewarnai gambar; membuat kartu ucapan terimakasih kepada orangtua yang telah merawat dan mendidik mereka
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : KJ no. 467
Modul PAK : Klas. 2
| ||
2
|
Nilai-nilai Kristiani
2.1. Menyebutkan tanggung jawab dalam keluarga melalui tindakan sederhana, melaksanakan tugas di rumah dan membantu sesuai dengan usia dan kemampuan
|
1.Mensyukuri keluarga sebagai pemberian Allah
2.Meng ungkapkan ucapan syukur lewat gambar atau puisi untuk ayah ibu
|
Bab. 6
Keluarga sebagai pemberian Allah
|
Eksplorasi Materi : Keluarga sebagai pemberian Allah ( Kolose 3:14 )
A. Keluarga sebagai pemberian Allah
Elaborasi : membuat sislsilah dalam keluarganya;
membuat pohon keluarga; membuat doa syukur
atas keluarganya.
B. Menerima dan mensyukuri keluarga sebagai
pemberian
Elaborasi : memberikan tanda pada gambar yang
sedang mengucap syukur dan tidak mengucap
syukur; membuat puisi untuk ayah dan ibu
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Kolose 3:14
Modul PAK : Klas. 2
|
1.Melakukan tugas rumah yang sederhana sesuai usia dan kemampuan siswa
2.Memberi contoh tugas sederhana dalam keluarga
|
Bab. 7.
Tanggung jawab sederhana dalam keluarga
|
Eksplorasi Materi : Tanggung jawab sederhana dalam keluarga ( Efesus 5:22-23; Keluaran 20:12 )
A. Pengertian keluarga yang bertanggung jawab
Elaborasi : Mengumpulkan/memilih gambar-
gambar merupakan bentuk tanggung jawab dalam
keluarga; melengkapi kalimat;
B. Tindakan sederhana sebagai keluarga yang
bertanggung jawab
Elaborasi : menemukan cara membantu ibu di
dapur; menemukan 5 tindakan tanggung jawab
sederhana dalam keluarga
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Efesus 5:22-23; Keluaran 20:12
Modul PAK : Klas. 2
| ||
1.Menyebutkan tanggung jawab masing-masing anggota keluarga.
2.Menuliskan jenis tugas sederhana di rumah
3.Mewarnai gambar tugas sederhana di rumah
|
Bab. 8.
Tanggung jawab dalam keluarga
|
Eksplorasi Materi : Tanggung jawab dalam keluarga ( Kejadian 27 : 1-46 )
A. Tanggung jawab anggota keluarga
Elaborasi : mendaftar tugas2 dan tanggungjawab
ayah dalam keluarga; Mewarnai gambartugas ayah
B. Tanggung Jawab Ibu
Elaborasi : mendaftar tugas2 dan tanggungjawab
ibu; Mewarnai gambar tugas ibu
C. Tanggung jawab anak
Elaborasi : mendaftar tugas2 dan tanggungjawab
anak-anak; mewarnai gambar tugas anak
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Kejadian 27 : 1-46
Modul PAK : Klas. 2
| ||
1.Mempraktekkan tugas sederhana di rumah
2.Menuliskan tugas anak sepulang sekolah
|
Bab. 9.
Tanggung jawabku
|
Eksplorasi Materi : Tanggung jawabku ( Efesus 6:1 )
A. Mempraktekan Tanggungjawab sederhana
berdasarkan usia dan kemampuan
Elaborasi : Menuliskan 5 tugas anak-anak
dirumah setiap hari; menuliskan tugas anak
sepulang sekolah
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Efesus 6:1
Modul PAK : Klas. 2
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
3
|
3.1. Menyebutkan cara menjaga kerukunan di lingkungan sekitar tempat tinggal dengan memberi salam pada orang yang lebih tua, bermain dengan teman disekitar rumah dalam suasana damai dan harmonis
|
1.Menyebutkan lingkungan di sekolah dan di rumah.
2.Menunjukkan gambar-gambar tentang kerukunan.
3.mengungkap lewat pujian
|
Bab. 10.
Sekolah dan lingkunganku
|
Eksplorasi Materi : Sekolah dan lingkunganku ( Mazmur 133: )
A. Pengertian rukun
Elaborasi : Mewarnai rumah adat; menemukan perbedaan-
perbedaan yang ada dirumah
B. Rukun disekolah
Elaborasi : menemukan perbedaan disekolah;
memperlihatkan gambar-gambar tentang kerukunan
C. Rukun dilingkungan tempat tinggal
Elaborasi : menemukan istilah dalam kumpulan huruf;
menemukan lawan kata tentang kerukunan; menyanyikan
“ rukun cinta satu sama lain “
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Mazmur 133:
Modul PAK : Klas. 2
|
1.Menyebutkan cara menjaga ketenangan di kelas.
2.Menciptakan cara menjaga kerukunan di kelas
3.Menggambarkan cara hidup rukun.
|
Bab.11.
Menjaga kerukunan
|
Eksplorasi Materi : Menjaga kerukunan ( Yohanes 15: 9-15 )
A. Menciptakan kerukunan kelas dengan menjaga ketenangan.
Elaborasi : Mewarnai gambar suasana kelas; memberikan
persetuan atau tidak pernyataan guru tentang suasana kelas
B. Menciptakan kerukunan kelas dengan disiplin
Elaborasi : menyebutkan disiplin-disiplin yang sudah
dilakukan anak-anak; menuliskan akibat anak-anak tidak
disiplin di kelas
C. Menjaga kerukunan lingkungan
Elaborasi : Mewarnai gambar; mengumpulkan gambar-
gambar bentuk kerukunan di lingkungan; menyebutkan
manfaat hidup rukun; menebak kata dalam simbul-simbul
huruf
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Yohanes 15: 9-15
Modul PAK : Klas. 2
| ||
1.Menyebutkan cara hidup rukun.
2.Menceritakan pengalaman cara hidup rukun.
|
Bab. 12.
Pengalaman menjaga kerukunan
|
Eksplorasi Materi : Pengalaman menjaga kerukunan ( 1 Samuel 18 : 1-5 )
* Pengalaman menjaga kerukunan
Elaborasi : menceriterakan pengalamannya pernah
bertengkar; menuliskan doa untukkerukunan; menjodohkan
kalimat dengan kata/gambar disebelah kanannya
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : 1 Samuel 18 : 1-5
Modul PAK : Klas. 2
| ||
1.Mempraktekkan turut menjaga kerukunan.
2.Meng unkapkan lewat pujian dan puisi cara hidup rukun.
|
Bab. 13.
Turut menjaga kerukunan
|
Eksplorasi Materi : Turut menjaga kerukunan ( Kejadian 37: 12-17 )
A. Turut menjaga kerukunan dalam keluarga
Elaborasi : Menjodohkan kalimat sebelah kiri dengan
kalimat disebelah kanan; membaca kalimat yang telah
dibuat guru secara terbalik. ( walikan )
B. Turut menjaga kerukunan di lingkungan
Elaborasi : Menyanyikan lagu pujian “ Hari ini kurasa
bahagia”; buat lah puisi tentang lingkungan
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Kejadian 37: 12-17
Modul PAK : Klas. 2
| ||
1.Mempraktekkan hidup rukun di sekolah dan di lingkungan.
2.Menceritakan hidup rukun di sekolah dan di lingkungan.
|
Bab. 14.
Menerapkan hidup rukun disekolah dan di lingkungan
|
Eksplorasi Materi : Menerapkan hidup rukun disekolah dan di lingkungan ( Kejadian 37:18-36)
A. Menerapkan hidup rukun disekolah
Elaborasi : mengumpulkan sampah dan dibuang ditempat
sampah; menjodohkan kalimat disebelah kiri dengan kata
disebelah kanan
B. Menerapkan hidup rukun di lingkungan
Elaborasi : menceriterakan didepan kelas hidup rukun
dilingkungan anak-anak
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Kejadian 37:18-36
Modul PAK : Klas. 2
| ||
4
|
4.1. Menerapkan tanggung jawab dalam keluarga melalui tindakan sederhana, melaksanakan tugas dirumah dan membantu sesuai dengan usia dan kemampuan
4.2. Menerima dan menerapkan hidup rukun disekolah dengan cara menjaga ketenangan dan disiplin di kelas
|
1.Mempraktekkan disiplin sebagai wujud ketaatan kepada Allah.
2.Menceritakan contoh-contoh disiplin di kehidupan sehari-hari.
|
Bab.15
Disiplin sebagai wujud ketaatan kepada Allah
|
Eksplorasi Materi : Disiplin ( Kejadian 1:1-31 )
A. pengertian disiplin
Elaborasi : membaca huruf yang diganti simbul buah-
buahan; membaca kalimat walikan yang diuat guru;
menunjukan sikap yang disiplin dan tidak disiplin dalam
kehidupan sehari-hari; mewarnai gambar anak bangun pagi
tepat waktu
B. Disiplin sebagai wujud ketaatan kepada Allah
Elaborasi : menemukan kalimat pada huruf yang diacak;
membuat doa agar menjadi anak yang disiplin
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Kejadian 1:1-31
Modul PAK : Klas. 2
|
1.Menyebutkan contoh-contoh disiplin di sekolah dan lingkungan.
2.Mentaati peraturan di sekolah dan di lingkungan di rumah.
|
Bab. 16.
Disiplin di sekolah dan lingkungan
|
Eksplorasi Materi : Disiplin di sekolah dan lingkungan ( Daniel 1: 6-10 )
A. Perilaku displin disekolah
Elaborasi : menemukan cara agar siswa dapat tepat waktu;
mengisi teka-teki silang yang dibuat guru; mewarnai gambar
“anak sedang belajar”
B. disiplin di kingkungan
Elaborasi : mengumpulkan informasi tentang peraturan dan
tata-tertib di kampung
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Daniel 1: 6-10 )
Modul PAK : Klas. 2
| ||
1.Menyebutkan contoh-contoh di siplin yang di terapkan di sekolh.
2.Mempraktekkan dan melaksanakan disiplin yg di terapkan di sekolah.
3.mewarnai gambar menjaga lingkungan.
|
Bab. 17.
Bentuk disiplin disekolah dan lingkungan
|
Eksplorasi Materi : Bentuk disiplin disekolah dan lingkungan ( Yosua 1: 6-9 )
A. Bentuk-bentuk disiplin disekolah, 1. datang tepat waktu;
2.menggunakan seragam sekolah lengkap; 3. menjaga
kebersihan sekolah; mengumpulkan PR/tugas; belajar dengan
baik
Elaborasi : memperhatikan gambar anak kesekolah, siswa
mencari kekurangan kelengkapan seragam anak tersebut;
membuat puisi “ disiplin di sekolah “
B. Bentuk disiplin di lingkungan
Elaborasi : siswa mencari tempat-tempat sampah
/pembuangan sampah yang terdapat di lingkungan
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Yosua 1: 6-9
Modul PAK : Klas. 2
| ||
1.Mempraktekkan cara di siplin di sekolah dan lingkungan.
2.Membuat jadwal kegiatan sehari-hari yang di lakukan.
3.Menuliskan cara menjaga lingkungan supaya nyaman.
|
Bab. 18.
Menerapkan disiplin disekolah dan lingkungan
|
Eksplorasi Materi : Menerapkan disiplin disekolah dan lingkungan ( Matius 5 : 13-16 )
A. Menerapkan disiplin di sekolah
Elaborasi : menuliskan disiplin yang telah anak-anak alami
disekolah; membuat gambar sebuah jam, waktu ketika tiba
disekolah
B. Menerapkan disiplin lingkungan
Elaborasi : menuliskan kegiatan anak-anak yang disiplin di
lingkungannya; membuat tempat sampah sederhana di
lingkungannya
|
1. Ulangan
2. Penugasan
3. Pengamatan
4. Praktek
|
4 Jam / Minggu
|
Alkitab : Matius 5 : 13-16
Modul PAK : Klas. 2
|
Mengetahui,
Kepala SDN.......................................
|
Malang,................................
Guru Pend. Agama Kristen
|
If you're attempting to lose fat then you have to start using this totally brand new personalized keto diet.
BalasHapusTo create this service, licensed nutritionists, fitness couches, and top chefs joined together to develop keto meal plans that are productive, convenient, money-efficient, and delightful.
Since their grand opening in early 2019, 100's of people have already transformed their body and health with the benefits a proper keto diet can provide.
Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones provided by the keto diet.
Tolong silabus pendidikan agama Kristen k13 kelas 3 semester 1 dan 2
BalasHapusTolong silabus sd pendidikan agama Kristen dan Budi pekerti kelas 1- 6🙏
BalasHapus